Kebiasaan Tidur Pagi

Assalamualaikum sahabat.., bagaimana kabarnya? 

semoga selalu baik dan selalu diberi kesehatan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.
Sahabat kita tahu, bahwa tidur adalah kebutuhan untuk kita pada waktu siang maupun malam hari, setidaknya dalam tidur malam perlu 6-8 jam untuk orang dewasa, bayi kurang lebih 16 jam dan pada orang yang sudah tua berkisar antara 5-6 jam. 

Sebenarnya kebutuhan setiap orang dalam hal tidur berbeda-beda, mengapa? Karena kualitas tidur, waktu tidur, aktivitas sehari-hari mempengaruhi pola tidur. 
Kita pasti tahu kalau pagi hari jika libur, nganggur...pasti enaknya tidur,. Hati-hati ya bahaya kebiasaan tidur pagi..

Di dalam islam sendiri tidur tidak boleh setelah Sholat Subuh, trus kalau ngantuk gimana dong? baca nih keterangannya : 
Dari Sakhr bin Wadi’ah Al-Ghamidi radliyallaahu ‘anhu bahwasannya Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :
”Ya Allah, berkahilah bagi ummatku pada pagi harinya” (HR. Abu dawud 3/517, Ibnu Majah 2/752, Ath-Thayalisi halaman 175, dan Ibnu Hibban 7/122 dengan sanad shahih).

Ibnul-Qayyim telah berkata tentang keutamaan awal hari dan makruhnya menyia-nyiakan waktu dengan tidur, dimana beliau berkata :

“Termasuk hal yang makruh bagi mereka – yaitu orang shalih – adalah tidur antara shalat shubuh dengan terbitnya matahari, karena waktu itu adalah waktu yang sangat berharga sekali.Terdapat kebiasaan yang menarik dan agung sekali mengenai pemanfaatan waktu tersebut dari orang-orang shalih, sampai-sampai walaupun mereka berjalan sepanjang malam mereka tidak toleransi untuk istirahat pada waktu tersebut hingga matahari terbit. Karena ia adalah awal hari dan sekaligus sebagai kuncinya. Ia merupakan waktu turunnya rizki, adanya pembagian, turunnya keberkahan, dan darinya hari itu bergulir dan mengembalikan segala kejadian hari itu atas kejadian saat yang mahal tersebut. Maka seyogyanya tidurnya pada saat seperti itu seperti tidurnya orang yang terpaksa” (Madaarijus-Saalikiin 1/459). 
Bagaimana, banyak manfaatnya kan? jadi usahakan jangan tidur lagi setelah Sholat Subuh. Adapula bahaya tidur pagi yaitu:
  1. Tidak sesuai dengan petunjuk Al Qur’an dan As Sunnah.
  2. Bukan termasuk akhlak dan kebiasaan para salafush sholih (generasi terbaik umat ini), bahkan merupakan perbuatan yang dibenci
  3. Tidak mendapatkan barokah di dalam waktu dan amalannya.
  4. Menyebabkan malas dan tidak bersemangat di sisa harinya. Dapat kita kutip perkataan Ibnul Qayyim. Beliau rahimahullah berkata, “Pagi hari bagi seseorang itu seperti waktu muda dan akhir harinya seperti waktu tuanya.” (Miftah Daris Sa’adah, 2/216). Amalan seseorang di waktu muda berpengaruh terhadap amalannya di waktu tua. Jadi jika seseorang di awal pagi sudah malas-malasan dengan sering tidur, maka di sore harinya dia juga akan malas-malasan pula.(hayo siapa yang mau, kalau penulis sih ndak mau,hehe..)
  5. Menghambat datangnya rizki. Ibnul Qayyim berkata, “Empat hal yang menghambat datangnya rizki adalah [1] tidur di waktu pagi, [2] sedikit sholat, [3] malas-malasan dan [4] berkhianat.” (Zaadul Ma’ad, 4/378)
  6. Menyebabkan berbagai penyakit badan, di antaranya adalah melemahkan syahwat. (Zaadul Ma’ad, 4/222)
Ngeri ndak sahabat..kalau bagi saya pribadi iya. Nah dari sisi kesehatan sendiri, yang pernah saya alami, keseringan tidur di pagi hari bikin pusing, badan tambah gemuk, malas berkativitas, juga konsentrasi berkurang. Ditambah waktu terbuang sia-sia. Maaf ya curhat dikit.. Demikian sahabat tulisan saya semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar yang membangun, juga kritik dan saran. trims..

Wassalamualaikum wr. wb

(Sumber : diambil dari buku dan artikel, serta terdapat beberapa tambahan:

Insomnia,Gangguan Sulit Tidur; Lanywati,Endang

artikel "Kebiasaan tidur pagi ternyata berbahaya" dari web Rumaysho diakses tanggal 3 May 2014)

0 Response to "Kebiasaan Tidur Pagi"

Posting Komentar

Mari berkomentar dengan baik dan bagikan info apabila ada sesuatu yang perlu ditambah atau dievaluasi